BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Karena pada zaman yang serba modern seperti saat ini perlu kita mengetahui perkembangan ilmu dan teknologi agar kita dapat bersaing dengan dengan orang lain dan negara lain yang telah menggunakan Informasi dan Teknologi karena IT sangat dibutuhkan dalam segala kegiatan sehari untuk menunjang pekerjaan kita. Dan dalam penggunaan IT sebuah perusahaan ataupun sebuah instansi sangat perlu adanaya suatu evaluasi karena dengan adanya evaluasi kita akan mengetahui kekurangan dan kelebihan atas penggunaan IT. 1.2 Tujuan Seperti kita ketahui bersama bahwasanya pentingnya dari suatu evaluasi adalah untuk mengecek dan mengontrol dari penggunaan suatu Teknologi agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang terbaik untuk masa depan. 1.3 Rumusan Masalah Dari beberapa alasan diatas maka dapat diketahui beberapa masalah yang terjadi antara lain: a) Kira-kira berapa kali dalam pengevaluasian? b) Apasaja yang perlu dievaluasi? c) Dan berapa lama dalam pengevaluasian? BAB II PEMBAHASAN 2.1 Metode yang Digunakan Dalam metode yang digunakan observasi dilakukan dengan beberapa cara yaitu a) Observasi langsung ke Jl. Arjuna Lodoyo Blitar b) Tanya Jawab. 2.2Gambaran Objek Usaha tersebut terletak di Jl. Lodoyo Blitar dan usaha ini didirikan pada tanggal 12 Februari 2007 jadi sampai tahun 2011 ini masih berumur 4 tahun 3 bulan 1 hari dengan Nama Astikanet, dalam beroperasinya usaha ini buka selama 24 jam dengan 4 stuff dengan cara sistem shiff atau bergantian dengan masing-masing dua orang yaitu dimulai mulai jam 07.00-20.00 dan mulai dengan 20.00-07.00 begitu seterusnya. Dalam usaha ini Astikanet memiliki sekitar 15-20 komputer yang aktif digunakan untuk ON-LINE dan bukan hanya menyediakan sistem online Astikanet juga menyediakan beberapa makanan ringan untuk menunjang kenyamanan para customernya, dalam pemesanannya sangat gampang yaitu customer hanya perlu mengeklik menu layanan yang sudah disediakan oleh pihak Astikanet yang tertera di monitor masing-masing dengan caranya hanya mengeklik menu tersebut kemudian menuliskan pesanan yang diinginkan dan layanan tersebut sudah tersambung kepada operator dan kemudian operator mengantarkan pesanan tersebut pada customer tersebut. Dalam pengevaluasiannya pihak Astikanet biasanya melakukan secara berkala dan biasanya bila menyangkut masalah hardarenya pihak Astikanet melakukannya 1bulan sekali dan meliputi softwarenya dilakukan 2 minggu sekali tergantung dari kerusakan yang bagaimana yang dialami baik meliputi keadaan Hardwarenya maupun Softwarenya dalam masing-masing komputer untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak dan dalam pengevaluasiannya tidak kurang dari sehari. Dalam pengevaluasiannya pihak Astikanet memulai pengecekan pertama dengan melihat Hardwarenya terlebih dahulu karena beliau mengatakan Hardware diibaratkan oleh rumah dari prosesor komputer sehingga merupakan pelindung dari softwarenya hal yang dilihat dari hardwarenya meliputi bagaimana keyboardnya, mousenya, RAM, monitor, dan kabel-kabel yang berhubungan dengan komputernya sehingga dapat diprediksi masih tahan berapa lama komputer tersebut. Setelah Hardwarenya telah dievalusi kemudian berganti dengan Softwarenya, hal yang perlu dievaluasi meliputi softwarenya adalah berhubungan windows yang digunakan dan beliau mengatakan biasanya pihak Astika menggunakan Windows7 dan Windows XP sehingga apakah perlu diinstal ulang apa tidak dan pengecekan apakah terdapat virus komputer yang akan merusak sistem komputer.
0 komentar:
Posting Komentar