Minggu, 04 Maret 2012

BISNIS INTERNASIONAL

BAB II

BISNIS INTERNASIONAL TERAPAN

2.1 Profil Singkat Perusahaan

Pertama kali di kota Malang pada tahun 2008 yaang terletah di jl ahmad yani, Carrefour Malang menempati tempat belanja yang dulunya bernama Supermarket Alfa. Carrefour merupakan supermarket yang berdiri sendiri tanpa masuk di mall. Supermarket carrefour ini membeli Supermarket alfa sebagai gerainya.

Tak jauh dari Carrefour sekitar 30 meter ke arah utara terdapat toko Plaza Elektronik. Lokasi Carrefour berseberangan dengan kantor Pusat Telkom dan Masjid Sabililah. Carrefour yang berada di jalan utama dari Surabaya ke Malang, pusat kota Malang cukup ditempuh sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor. Akses ke Terminal Arjosari sekitar 20 menit dengan kendaraan bermotor juga. Tempat ini menjadi sangat strategis karena merupakan jalan utama menuju surabaya sehingga carrefour ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

2.2 Perdagangan dan Investasi

a. Sejarah Carrefour Di Indonesia

Carrefour Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 1998 dengan membuka unit pertama di Cempaka Putih. Pada saat yang sama, Continent, juga sebuah paserba dari Perancis, membuka unit pertamanya di Pasar Festival.

Pada penghujung 1999, Carrefour dan Promodes (Induk perusahaan Continent) sepakat untuk melakukan penggabungan atas semua usahanya di seluruh dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel terbesar kedua di dunia dengan memakai nama Carrefour.

Dengan terbentuknya Carrefour baru ini, maka segala sumber daya yang dimiliki kedua group tadi menjadi difokuskan untuk lebih memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan kami. Penggabungan ini memungkinkan kami untuk meningkatkan kinerja paserba - paserba kami, mendapat manfaat dari keahlian karyawan - karyawan kami di Indonesia dan di dunia, dan mengantisipasi terjadinya evolusi ritel dalam skala nasional dan global.

Di bulan Januari 2008 PT.Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT. Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional yang siap untuk melayani para konsumen.

Konsep paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour yang dirancang untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga. Ditambah dengan adanya fasilitas - fasilitas pelengkap seperti snack corner, food court, parkir gratis di paserba - paserba tertentu, bahkan dengan adanya garansi harga dan garansi kualitas, maka paserba Carrefour benar - benar merupakan tempat belanja keluarga. Carrefour adalah pilihan belanja masa kini dan masa depan bagi konsumen di Indonesia dan di dunia.

Kantor Pusat Carrefour Indonesia:

Jl.Lebak Bulus Raya No.8 Jakarta Selatan - 1231

b. Investor

Mayoritas kepemilikan salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia, PT Carrefour Indonesia kini berada di tangan pengusaha swasta nasional, Chairul Tanjung. Di bawah bendera Trans Corp, kelompok usaha Para Group membeli 40 % saham perusahaan asal Perancis itu. Hal ini merupakan titik balik bagi sejarah bisnis di Indonesia, di mana sebuah perusahaan swasta nasional mengambil alih sebagian kepemilikan dari perusahaan Multi Nasional. PT Carrefour Indonesia adalah salah satu cabang terbesar Carrefour di seluruh dunia yang berpusat di Prancis. Dimana Carrefour merupakan perusahaan 25 besar versi Fortune Global 500.

Sebagai kelompok usaha Para Group dalam bidang media, lifestyle, ritel serta entertainment, Trans Corp. dan Carrefour telah melakukan kerja sama strategis demi mendorong pertumbuhan dan penyediaan akses bagi seluruh konsumen di Indonesia akan produk-produk berkualaitas dengan harga yang terjangkau. Dalam kerja sama strategis ini, Trans Corp telah melakukan pembelian 40 persen saham dari PT Carrefour Indonesia dan menjadi pemegang saham tunggal terbesar. Pemegang saham lainnya yakni Carrefour SA menguasai 39 persen, Carrefour Nederland BV memiliki 9,5 persen dan sisanya 11,5 persen milik Onesia BV.

c. Pajak

Bagi Carrefour, kalau rugi memang tidak perlu membayar pajak, tetapi kalau untung, apalagi untung besar Perusahaan harus bayar pajak. Carrefour di sini, saat karyawan pertama kali mendapat bonus besar, mereka tidak merasa membayar pajak karena sudah dibayarkan perusahaan. Gaji yang diterima itu sudah dibayarkan pajaknya oleh perusahaan. Mereka tidak tahu pajak yang dibayarkan itu bisa satu setengah kali dari gaji yang dibayarkan ke mereka. Karena tidak pernah, saat dapat bonus perusahaan mengatakan semua karyawan harus bayar pajak, semua kaget. Apalagi waktu itu pajak masih 35 persen, belum turun seperti sekarang 30 persen. Semua terpukul. Terpotong besar. Karena selama ini yang bayar pajak adalah perusahaan, kini harus bayar sendiri. Kini mereka merasa biasa membayar pajak itu.

d. Strategi Penetapan Harga

Produk Carrefour menjawab kebutuhan kopnsumen akan produk berkualitas dengan harga yang lebih kompetitif. Carrefour senantiasa menjaga kualitas "Produk Carrefour" setara dengan produk-produk unggulan lainnya namun dengan harga lebih murah dibanding produk-produk unggulan tersebut, dengan demikian "Produk Carrefour" memiliki konsumen yang paling luas. Rangkaian "Produk Carrefour" Kami meliputi produk kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, produk-produk segar dan produk-produk elektronik.

Paling Murah hadir sebagai pilihan paling ekonomis untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Rangkaian produk paling murah Carrefour meliputi berbagai produk kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, produk-produk segar dan produk tekstil. Untuk harga produk kebutuhan sehari-hari carrefour mengeluarkan program baru yaitu program BBM (benar-banar murah). Kini Bluesky juga hadir sebagai pilihan paling hemat untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk-produk elektronik. Harmonie Untuk menjawab kebutuhan konsumen akan produk tekstil berkualitas dengan harga lebih kompetitif, Carrefour menghadirkan Harmonie. Rangkaian produk Harmonie Kami meliputi berbagai produk busana berbagai usia, sepatu, tas dan lain sebagainya.

2.3 Dinamika Organisasi

Struktur Organisasi

PT. Carrefour indonesia melakukan pengembangan perusahaan ke beberapa kota di seluruh indonesia, salah satunya adalah kota malang. Sejak tahun 2008 carrefour membeli sebuah supermarket alfa yang menjadi pertama kalinya carrefour dimalang. Carrefour berlokasi di jl. Ahmad yani. Gerai ini berda di dua lantai. Lantai pertama khusus untuk menjual produk-produk mnakanan, sedangkan pada lantai dua untruk produk-produk non-makanan seperti pakaian, alat elektronik, dsb.

Perusahaan dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari terdiri dari bebrapa bagian, bagian yang satu dengan yang lainya saling berkaitan erat, karena merupakan salah satu faktor penting yang memepengaruhi keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan, dibutuhkan adanya suatu struktur organisasi yang jelas. Dengan adanya struktur organisasi akan memudahkan dalam menuntun dan mengawasi pelaksanaan kegiatan perusahaan berdasarkan tugas dan tanggung jawab.

Struktur organisasi yang digunakan PT. Carrefour malang adalah bentuk garis dan staff. Garis artinya kepemimpinan didasarkan pada garis jabatanya, artinya adanya herarki jabatan pada masing-masing divisi yang yanh tidak dapat dilalui oleh divisi lainnya. Staff artinya setiap bagian memiliki staff masing-masing yangb berbeda. Berikut ini dijelaskan beberapa bagian dalam struktur organisasi Carrefour Malang.

1. Store Manager (SM)

Tugas dan wewenang:

a. Memimpin operasioanl toko

b. Memimpin setiap rapat

c. Mengawasi setiap akvifitas yang berl;angsung ditoko

d. Mengadakan koodinasi kerja untuk masing-masing divisi

2. Divisi manager

Tugas dan wewenang:

a. memimpin operasional dalam setiap divisi masing-masing

b. merencanakan dan membuat harga barang

c. memperlengkapi assortmen barang yang dijual

d. mengadakn negosiasi untuk kegiatan promosi

3. Sales manager

Tugas dan wewenang:

a. memimpin operasional dalam setiap departemen masing-masing

b. melakukan pengorderan barang

c. mengadakn kegiatan negosiasi untuk kegiatan promosi

4. Team Leader

Tugas dan wewenang:

a. memimpin staf dalam operasional toko

b. membantu sales manager dalam mempersiapkan barang di toko danm dalam pengorderan

5. staff

Tugas

a. Merapikan barang dirak

b. Membuat harga barang di toko

6. information technologi

Tugas: mengawasi sistem dam memastikan tiap saat bahwa tidak terjadi masalah dalam sistem operasional toko.

7. Lose prevention manager

Tugas:

a. Menjaga keamanan ditoko

b. Melakukan pencegahan terhadap tindakan pencurian maupun kehilangan

8. Doreration

Tugas:

a. Membuat dekorasi toko

b. Membuat label harga

c. Membuat animasi dalam toko

2.4 Kekuatan Ekonomi dan Moneter Internasional

a. Sensitifitas Terhadap Isu-Isu Internasional

Raksasa ritel Prancis Carrefour berencana menjual bisnis mereka di Malaysia. Kabar tersebut terungkap di tengah spekulasi Carrefour juga akan melepas toko-toko mereka di Singapura dan Thailand. “Kami mendengar bahwa Carrefour sedang mempertimbangkan divestasi. Hal ini untuk tujuan rasionalisasi usaha mereka di luar negeri,”Deputi Menteri Perdagangan Mukhriz Mahathir di Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin. Menurut Mukhriz, perusahaan itu ingin menjual bisnis mereka dan hipermarket lain akan ingin mengambil alih ke-23 toko Carrefour yang dilepas. “Ada banyak pelamar,” katanya. Namun, Direktur Pemasaran dan Komunikasi Carrefour, Low Ngai Yuen, menolak untuk menanggapi komentar-komentar itu.

Adapun Yeah Kim Leng, kepala ekonom kelompok perusahaan riset keuangan RAM Hol dings, menyatakan kepergian mendatang Carrefour dari Asia Tenggara telah diperkirakan jauh sebelum ini. “Berita itu telah ada selama beberapa waktu. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Carrefour ingin menarik diri keluar dari Malaysia, Thailand, dan Singapura. Mereka telah menempatkan percobaan terhadap industri pada rencana mereka,” katanya. Yeah mengatakan Carrefour ingin mengonsolidasikan usaha dan memindahkan sumber dayanya untuk pasar India yang tengah booming.

Pasalnya, segmen menengah di India yang menjadi sasarn utama Carrefour merupakan kelompok yang berkembang pesat. The New Straits Times, bulan lalu, melaporkan Carrefour telah membanderol harga US$1 miliar untuk bisnis kolektif mereka di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Yeah mengakui pertumbuhan industri hipermarket di Malaysia tidak sespektakuler pasar India. Meski demikian, pasar Malaysia sebenarnya masih cukup menguntungkan. “Industri hipermarket di Malaysia dinamis dan sangat kompetitif,” kata dia. Pemain lain di pasar Malaysia yang mungkin membeli gerai Carrefour di antaranya Tesco Inggris, Jusco Jepang, dan Giant yang dimiliki kelompok Dairy Farm.

b. Jaminan Stabiliitas Moneter Dari Pemerintah Setempat

Carfour mendapatkan mendapatkan jaminan telah mendapatkan stabilitas dari pemerintah karena keberadaan carrefour adalh menwarkan produknya dengan harga yang sangat murah di bandingkan dengan hypermart lainya. Carrefour juga melakukan kerjasama dengan para UKM yang ingin mendistribusikan produknya kepada carrefour.

2.5 Kekuatan Budaya

Carrefour harus menyesuaikan diri dengan lingkungan budaya masyarakat setempat, dimana pemasaran carrefour disegmentasikan pada kalangan menengah keatas sehingga keberadaan gerai carrefour berada di kota-kota besar yang masyarakatnya memmpunyai tingkat konsumsi yang tinggi. Dan perekonomian masyarakat perkotaan buiasanya mempunyai tingkat pendapatan yang tinggi pula. Keberadan carrefour di masyarakat disambut dengan baik ini terbukti dari banyaknya pengunjung carrefour pada tiap harinya. Carrefour mewarkan harga yang sangat murah di bandingkan dengan hypermart lainya. Ini sesuai dengan karakteristik masyarakat indonesia yaitu ingin mendapatkan barang dengan harga murah tapi kualitasnya juga terjamin. Budaya dari masyarakat kota yang notabelnya menengah ke atas lebih cenderung pada sesuatu yang lebih simpel, meraka tidak mau di hadapkan pada sesuatu yang ribet. Mereka lebih suka berbelanja di tempat yang mewah, berAC, dan simpel tidak perlu ada tawar menawar.

Kalau dilihat dari segi pandidikan konsumen carrefour memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi karena dikota-kota besar adalah tempatnya orang bisnis sehingga perputaran uang juga tergolong cepat. Kalau dilihat dari segi penddikan karyawan disni carrefour mempunyai tinkat pendidikan paling rendah adalah SMA. Tapi mayoritas sudah memepunyai gelar S1/D3 sehingga karyawan pun bisa lebih terampil dan bisa memberikan kontribusi yang tinggi bagi perusahaan.

Carrefour menwarkan barang-barangnya ditujukan untuk semua kalangan, carrefour tidak membatasi barangnya hanya untuk orang muslim saja atau agama lainya. Sehingga konsumen harus lebih teliti dalam membeli produknya khusunya umat islam yang mengenal konsep halal dan haram. Dalam promosi produnya carefour memberikan diskon-diskon tertentu pada saat hari besar contoh yang sederhana pada saat hari raya untuk pembelian sarung atau baju muslim lainya carrefour memberikan diskon harga dengan murah.

Carrefour memiliki tanggungjawab untuk memelihara hubungan dengan para supplier, menyeleksi produk-produk dan menegosiasikan harga, mentukan harga eceran, merekrut para pekerja, negosiasi gaji, pemberian gaji, menentukan promosi yang memungkinkan untuk staff dan memiliki masukan untuk keputusan bonus. Di Indonesia Carrefour benar-benar dihadapkan pada beberapa masalah budaya yang cukup pelik, seperti hubungan dengan para supplier, dimana local supplier tidak begitu agresif.

Nilai budaya Carrefour adalah untuk berpandangan positif, berintegritas, respek pada komitmen, mempunyai rasa solidaritas, jujur dalam bekerja dan mempunyai jiwa untuk melayani dalam hubungannya dengan pelanggan ("customer service").

2.6 Kekuatan Politik dan Hukum

a. Jaminan Stabilitas Politik, kepastian hukum, dan perlindungan atas kekayaan intelektual, paten dan hak cipta.

Stabilitas politik suatu negara menjadi salah satu hal pokok yang harus diperhatikan bagi seorang pamasar, karena ksetabilan politik itu juga akan mempengaruhi dari tingkat daya beli oleh konsumen. Negara yang mempunyai tingkat stabilitas politik yang buruk akan mempersulit bagi seorang pemasar untuk mendapatkan peluang pasarnya. Seperti kasus carrefour di indonesia ini, carrefour masuk di indonesia pada tahun 1998 yaitu pada masa setelah orde baru atau yang di sebut dengan masa reformasi. Disini stabilan politik mulai membaik sedikit demi sedikit sehingga banyak investor asing yang mulai membuka usaha dan kerejasama dengan indonesia. Untuk jaminan Stabilitas politik carrefour telah terlindungi dengan adanya UUD yang mangamandemen tentang perijinan perusahaan asing yang ada di indonesia. Menurut salah seeorang karyawan kemaren carrefour mempunyai surat perijinan yang lengkap milai dari injin membuka usaha, ijin mendirikan gedung, dan ijin usaha perdaganggan dari pemerintah setempat.

Sifat kepemilikan carrefour lebih bersifat hak paten karena carrefour tidak memproduksi barang. Carrefour hanya sebagai padagang ritel yang mempunyai hak untuk mematenkan namanya.

b. Konflik

Jaringan supermarket asal Prancis, Carrefour, baru-baru ini dicekal oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) karena terbukti melanggar Undang-undang Anti Monopoli. Pelanggaran itu meliputi penguasaan alat produksi dan barang, serta dominasi dalam menetapkan syarat-syarat perdagangan yang berpotensi menghalangi konsumen memperoleh barang dan atau jasa yang bersaing, baik dari segi harga maupun kualitas.

Akibat pelanggaran itu, Carrefour dijatuhi sanksi berupa denda sebesar Rp. 25 miliar dan harus melepaskan seluruh kepemilikannya di PT. Alfa Retailindo berupa 75 persen saham dengan nilai Rp. 674 miliar atau USD 70,9 juta, selambat-lambatnya dalam waktu satu tahun. Dengan begitu, Carrefour juga berpotensi kehilangan puluhan gerai di seluruh Indonesia.

Menurut data KPPU, setelah Carrefour mengakuisisi Alfa pada awal tahun ini, perusahaan raksasa itu diduga menguasai pasar ritel sebesar 48,3 persen dan 66,7 persen pasar pemasok. Padahal, sebelum menggaet saham Alfa, penguasaan pasar Carrefour sudah sangat besar, bahkan mencapai separuh dari keseluruhan bisnis ritel modern di Indonesia, yaitu 37,9 persen untuk pasar ritel dan 44,72 persen pasar pemasok.

Menurut Direktur Komunikasi KPPU, Ahmad Junaidi pemeriksaan awal pada Januari hingga 11 Maret 2009 ditemukan Carrefour telah menguasai pangsa pasar di atas 50 persen. ”Pangsa pasar meningkat tajam pasca akuisisi, ini sudah monopoli. Jika kasus yang sama terjadi di Amerika, merger sudah diblok (dibatalkan),” katanya. Junaidi menambahkan, melonjaknya pangsa pasar Carrefour membuat perusahaan itu leluasa menetapkan biaya tinggi kepada pemasok. ”Mereka kesulitan memenuhi kemauan Carrefour.

Beberapa tahun lalu Carrefour juga pernah tersandung Pasal 19 Ayat 1 UU No. 5 tahun 1999 dan didenda sebesar Rp. 1,5 miliar karena diduga melakukan kebijakan minus margin dalam syarat-syarat perdagangan (trading terms) yang sangat merugikan pemasok barang.

Direktur Corporate Affairs Carrefour Indonesia Irawan Kadarman membantah bahwa pihaknya sudah memonopoli pasar. “Menurut kami, pangsa pasar kami masih jauh dari dominan,” katanya. Irawan juga mengklaim bahwa Carrefour selalu melakukan pengecekan harga setiap hari, supaya lebih rendah dari harga yang ditetapkan pesaing. Namun, pernyataan itu justru berlawanan dengan kenyataan bahwa ada beberapa outletnya yang memasok harga lebih mahal dibandingkan harga pasar.

Di sisi lain, Anggota KPPU Erwin Syahril sebelumnya pernah menyatakan bahwa hingga kini belum ada peraturan pemerintah (Perpu) yang mengatur tentang akuisisi perusahaan ritel. Masalahnya, tanpa adanya Perpu, langkah akuisisi perusahaan ritel biasanya akan berdampak terhadap munculnya persaingan usaha tidak sehat.

Namun, ada segelintir orang yang pesimis terhadap langkah KPPU ini. Pasalnya, yang banyak diuntungkan dengan adanya UU Anti Monopoli justru peritel-peritel modern yang memiliki modal besar. Merekalah yang sebenarnya mendapat perlindungan terhadap penguasaan pasar. Sebaliknya, pasar tradisional lambat laun justru semakin tertinggal dan ditinggalkan oleh para konsumennya.

2.7 Kekuatan Pasar

a. Segmentasi, Targeting, Posisioning

Brand, Service, dan Proses

Carrefour menggunakan Logo yang sama, dengan Suasana berbelanja yang nyaman, luas, lengkap, murah. dan Sarana parkir gratis yang luas yang bisa di nikmati dengan keluarga. Dan Memberikan pelayanan personal seperti perikanan, dan toko bagian makanan.

Segmentation, Targeting, dan Positioning

Segmentasxi pasar Carrfure di tujukan untuk semua kalangan,. Adapun target yang ingin dimasuki Carrefour adalah untuk kalangan menengah keatas yang diposisikan untuk konsumen yang berada dikota besar.

Diferensiasi

  • Bekerja sama/melakukan kontrak dengan pemasok lokal.
  • Menyediakan makanan lokal.

Marketing mix

· Produk : Produk yang tersedia adalah produk lokal, lengkap dan banyak pilihan.

· Harga : Harga yang ditentukan relatif murah dibanding dengan pesaing. Mengadakan sistem diskon.

· Place : Lokasi yang strategis berada di pemukiman, kawasan bisnis & pertokoan.

· Promosi : Memberikan informasi produk ynng ada melalui brosur-brosur atau iklan di tabloid-tabloid. Yang di lakukan secara berkala yaitu dua minggu sekali.

Seling

Memberikan diskon pada produk-produk tertentu. Seperti peluncuran program BBM (benar-benar murah). Yang bertujuan untuk membuktikan eksistensi produk asli Indonesia ditengah maraknya produk impor yang masuk ke Indonesia.

b. Hubungan Dengan Palanggan

Ganti 10x lipat

Apabila Ada yang Lebih Murah, Carrefour siap Ganti 10x lipat dengan Persyaratan (Prosedur Jaminan Harga Lebih Murah):

1. Penggantian hanya berlaku pada hari yang sama pada saat pembelian.

2. Satu pelanggan (dan satu keluarga) hanya dapat mengklaim 1 kali dalam satu minggu.

3. Perbandingan selisih hanya bisa dilakukan untuk gerai moderen (Griya/Yogya, Giant Superindo, Hero dan Hypermart) yang berjarak maksimum 2 km dari Carrefour tempat Anda mengklaim dan tidak berlaku untuk pembelian di pasar tradisional atau toko kecil.

4. Hanya berlaku untuk produk kebutuhan sehari-hari (grocery) dan produk segar, kecuali departemen Bakery dan Salad Bar.

5. Selisih harga akan diganti sebesar 10 kali lipat. Pelanggan harus menunjukkan struk belanja Carrefour dan struk belanja gerai moderen lain pada hari yang sama.

6. Khusus untuk harga promosi kompetitor, klaim hanya akan diberlakukan penggantian selisih 1 kali lipat.

7. Klaim hanya bisa dilakukan untuk maksimal 5 jenis barang yang berbeda dan setiap jenisnya maksimal 1 unit atau seberat 1 kg, nilai maksimum pengembalian Rp. 100.000,00 dari setiap struk pembelanjaan.

8. Pengembalian selisih harga ini bisa dilakukan setelah pelanggan mengisi dan mengembalikan formulir di Bagian Pusat Informasi, sambil membawa dan menunjukkan barang yang dibeli lengkap dengan struk belanja Carrefour dan struk belanja gerai moderen lain, satu struk hanya untuk satu kali klaim

9. Semua penggantian 10 kali hanya bisa dilakukan di kasir Bagian Pusat Informasi.

Sistem Pembulatan

Carrefour Menghargai Setiap Nilai Rupiah setiap Konsumen.

1. Untuk setiap transaksi pembayaran secara tunai / cash, kasir kami akan melakukan pembulatan terhadap total belanja pelanggan, yang memastikan setiap pelanggan memperoleh uang kembali secara tepat.

2. Sistem pembulatan ini hanya berlaku untuk pembayaran secara tunai, bukan Kartu Kredit atau Kartu Debit.

Tidak Puas Kami Beli Kembali

Bagi konsumen yang tidak puas Carrefour siap membeli kembali barang belanjaan konsumen dengan Persyaratan:

1. Pelanggan harus menunjukkan struk belanja asli Carrefour.

2. Barang yang dikembalikan harus masih dalam kemasan asli dan lengkap seperti pada saat melakukan pembelian.

3. Jangka waktu pengembalian barang tidak lebih dari 15 hari dari tanggal pembelian. Kecuali untuk barang-barang segar (fresh & perisable), jangka waktu pengembalian tidak lebih dari 3 hari, dan hanya akan dikembalikan dalam bentuk uang bukan barang.

4. Penukaran dan pembatalan dapat dilakukan di seluruh Carrefour di Indonesia.

5. Pakaian dalam, Pakaian Renang dan HP tidak dapat dikembalikan / ditukar.

Keuntungan dengan Kartu Carrefour BCA

· 5% Discount

· (Untuk semua produk private label Carrefour)

· 1.5% (Cash Back)

· (Setiap kali belanja di Carrefour all items, setiap hari sepanjang tahun)

· (Reward BCA (CashBack) dapat ditukarkan langsung di Carrefour )

· Fantastic Offers,

· (dari Kartu Kredit BCA di merchant-merchant pilihan)

· Gratis uang iuran satu tahun pertama & free annual fee for life*

*apabila rata-rata tagihan perbulan dalam setahun Rp. 500.000,-

· Balance Transfer*

*Syarat dan ketentuan berlaku.

Adapun strategi yang digunkan untuk menjaga hubungan dengan para pelanggannya yang jarang kita jumpai di supermarket lainya adalah di adakanya senam bareng tiap minggu, serta pengembalian barang apabila terdapat barang yang ketinggalan karena Carrefour sebagiab besar mempunyai data para pelanggannya.

c. Kualitas Pelayanan

Raksasa ritel asal Prancis, Carrefour adalah sosok yang kontroversial. Di satu sisi, eksistensinya dianggap mematikan pedagang kecil dan pasar tradisional.Di sisi lain, peritel skala besar ini sangat digandrungi konsumen karena mampu menyediakan sarana berbelanja yang aman dan nyaman dengan harga yang bersaing. Beroperasi di Indonesia di bawah bendera PT Carrefour Indonesia, usaha ritel yang masif dengan gerai tersebar di beberapa kota besar di dalam negeri ini menjadi aktor yang dibenci sekaligus disayang dan dikagumi.

Dalam satu hari saja, pengunjung Carrefour rata-rata mencapai 10.000 orang. Jika diasumsikan setiap orang membawa tiga anggota keluarganya, jumlah pengunjung menjadi empat kali lipat menjadi 40.000 orang per hari. Kondisi seperti ini bisa tercipta berkat kepiawaian manajemen PT Carrefour Indonesia dalam menghadirkan konsep one stop shopping yang semata-mata bertujuan untuk memanjakan konsumen.Carrefour juga berupaya menciptakan suasana kondusif, ditandai dengan sikap para stafnya yang sangat ramah, sehingga siapa pun yang berbelanja ke sana merasa aman dan nyaman.

Selain menyediakan berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga, Carrefour juga bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam menyediakan aneka produk dan layanan lain, mulai dari fasilitas ATM, penukaran uang, online tickets, aneka jajanan, hingga arena bermain anak.Sebagian pelataran parkir yang luas pun seringkali disulap menjadi arena bazar yang menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang dibutuhkan konsumen.

Carrefour akan terus memperbanyak fasilitas guna memperkuat konsep one stop shopping ini, demi memanjakan konsumen. Carrefour juga Gandeng asuransi Fasilitas paling gres yang baru dibuka di Carrefour adalah Carrefour AXA Insurance Services, sebuah gerai yang menawarkan layanan asuransi bagi pengunjung yang ini akan sangat menguntungkan bagi para pelanggan carrefour yang memilikin kartu langganan.

Layanan Carrefour AXA Insurance Services merupakan inovasi terbaru dalam industri ritel di Indonesia. Melalui layanan ini, pelanggan Carrefour semakin mudah mendapatkan informasi dan memilih perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Produk pertama yang ditawarkan adalah asuransi Carrefour AXA Medical Save. Produk ini memberikan perlindungan rawat inap rumah sakit dan pengobatan tradisional kepada pelanggan Carrefour beserta keluarganya. Produk ini juga memberikan pengembalian premi sebesar 99% jika tidak terjadi klaim.

Dalam rangka peluncuran layanan Carrefour AXA Insurance Services ini, akan diberikan asuransi perjalanan gratis senilai Rp25 juta kepada 30.000 pelanggan Carrefour yang berbelanja minimal Rp200.000 di ketiga gerai Carrefour.Kehadiran Carrefour AXA Insurance Services ini tentu saja semakin melengkapi fasilitas dan layanan di gerai rakasa ritel asal Prancis tersebut.Layanan Carrefour AXA Insurance Services merupakan langkah awal. Dengan semakin berkembangnya pasar asuransi di Indonesia seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat berasuransi, Carrefour menargetkan perluasan layanan Carrefour AXA Insurance Services ke lb gerai di bawah bendera Carrefour dan Carrefour Express pada 2010.

Layanan ini hadir setelah kedua pihak melakukan survei terhadap pelanggan Carrefour yang di antara 40% responden menyatakan membutuhkan asuransi melalui gerai yang tersedia di Carrefour.Dipilihnya AXA bukan lantaran sama-sama sebagai perusahaan asal Prancis, sebab penunjukannya melalui proses tender secara terbuka. Carrefour dan AXA menargetkan dapat menjaring calon nasabah asuransi sedikitnya 30.000 orang per bulan.

Parkir Gratis

Kelebihan lainya bdari carrefour ini adalah Parkir gratis untuk 1 jam pertama bagi pelanggan Carrefour, dengan menunjukkan struk belanja (dengan minimal pembelanjaan untuk kendaraan roda dua atau empat) beserta karcis parkir Anda ke bagian Informasi / Customer Service. Meskipun di malang rawan terhadap curanmor para consumen akan merasa nyaman dengan motor atau mobil yang dibawa karena di tempat parkir terdapat dua scurity yang menjaga. Dengan pengawasan yang sangat ketat pada setiap kendaraan yang akan keluar.

Pengiriman Gratis

Carrefour memberikan Servis Pengirim Gratis untuk pembelian barang elektronik (Appliances) dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Untuk setiap pembelian TV>25", Refrigerator / Kulkas>100lt, Mesin Cuci, dan standing Stove (Kompor Gas Berdiri).

2. Didalam area 20 km dari toko.

Selain layanan di atas carrefour juga memberiakan layanan yang kinin tersedia di hampir seluruh gerai carrefour di indonesia, yaitu: Counter Air Asia, Kemudahan isi pulsa, dan Gratis voucer belanja.

2.8 Kekuatan Tenaga Kerja

a. Komposisi Naker (pribumi dan ekspatriot)

Beberapa waktu lalu kita mengetahui bahwa Ritel Besar CARREFOUR dibeli sahamnya 40% oleh pengusaha nasional (pribumi) Chairul Tanjung. Hal ini merupakan kebanggan bagi kita, ritel multinasional Carrefour kita dimiliki oleh putra Indonesia asli.

Carrefour Indonesia saat ini didukung oleh kurang lebih 11.000 karyawan profesional untuk mengoperasikan Lebih dari 60 gerai (paserba) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Makassar. Karyawan-karyawan ini bekerja dalam lingkup tugas yang bervariasi di mana diperlukan kombinasi antara inisiatif dan tanggung jawab yang memungkinkan mereka untuk terus berkembang.

Dari para karyawan dengan pendidikan setingkat SLTA hingga perguruan tinggi akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang dan membangun karirnya sesuai dengan kemampuan dan motivasi masing-masing karyawan. Hal ini dimungkinkan karena Carrefour mempunyai tradisi untuk melakukan "internal promotion" dalam mengisi lowongan yang ada dari waktu ke waktu. Seiring dengan rencana pengembangan usaha ke depan, kami masih membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang handal untuk berkembang bersama Carrefour.

b. Kompensasi dan Penggajian

Gaji para karyawan Carrefour pada umumnya sudah di atas UMR tiap kota, gaji ini terdiriri gaji pokok, uang makan, uang kehadiran, serta kompensasi yang diberikan sebagai uang konpensasi jabatan, kempensasi ini diberikan dengan fariatif tergantung jabatan yang karyawan pegang. Untuk ketentuan penggajian sudah ditentukan oleh Carrefour pusat Sehingga tidak ada hak dan wewenang untuk mengatur gaji tersebut. Seperti contoh perusahaan Carrefour yang ada di malang ini.

c. Serikat Pekerja

Sebagai karayawan Carrefour di tuntut untuk menjalin kerjasama dengan baik, di tandai dengan adanya serikat pekerja oleh para karyawan yang disebut SPCI (serikat pekerja Carrefour Indonesia) sehiugga bisa untuk menampung semua aspirasi karyawan, Terkait aksi demonstrasi ratusan orang dari SPCI yang menuntut perusahaan retail terbesar kedua di dunia itu untuk melakukan perjanjian kerja bersama (PKB) dengan para pegawainya. Mereka menuntut agar PT Carrefour sebagai perusahaan retail terbesar kedua di dunia melakukan PKB di Carrefour Indonesia.

Selain itu, SPCI juga menolak adanya praktik PHK apa pun permasalahan yang sedang dialami PT Carrefour Indonesia. Permintaan yang terakhir adalah meminta pemerintah bersikap adil terhadap semua permasalahan yang dialami kaum pekerja serta wajib melindungi dan akan memberikan jaminan kepastian hukum, termasuk karyawan PT Carrefour Indonesia. Sperti pda kasus mutasi sejumlah karyawan yang berada di Carrefour jl ahmad yani ini. Para Karyawan Carrefour Malang, melakukan unjuk rasa memprotes kebijakan manajemen Carrefour yang memutasi 10 karyawannya. Karyawan Carrefour yang dimutasi itu adalah pengurus unit kerja (PUK) SPSI dan anggota SPSI. Jumlah karyawan Carrefour di Jalan Ahmad Yani Malang yang menggelar unjuk rasa itu sekitar 30 orang. Sejak pukul 08.00, mereka sudah memulai aksinya dengan duduk-duduk di teras Carrefour.

Selain itu juga membentang sejumlah poster di troly yang berjejer di depan pusat perbelanjaan tersebut. Kendati berlangsung unjuk rasa, pusat perbelanjaan tersebut tetap buka seperti biasanya. Aksi protes para karyawan Carrefour itu praktis mengundang perhatian pembeli dan warga yang antre hendak masuk ATM dalam kompleks pusat perbelanjaan tersebut. Mereka terkaget-kaget lantaran melihat sejumlah karyawan yang kompak duduk di depan Carrefour.

Sejumlah poster yang dibentang bertuliskan protes. Diantaranya, ‘Pembuangan pekerja berkedok mutasi’, ‘Jangan ada dusta diantara kita’, ‘Tolak mutasi pengurus dan anggota SPSI’. Salah seorang karyawan mengatakan, mutasi itu sebagai cara untuk memberhentikan karyawan secara halus. “Kalau dipindah, karyawan menjadi tidak betah. Jika tak betah, maka akan mengundurkan diri dengan sendirinya. Kalau mengundurkan diri dengan sendirinya, maka tidak dapat pesangon,” paparnya.

Karyawan yang bekerja sebagai pramuniaga ini mencontohkan jika dipindah ke Surabaya, praktis seorang karyawan memiliki dua dapur. Yakni untuk istri dan anak di Malang dan untuk karyawan itu sendiri di Surabaya. “Dari yang dimutasi itu ada yang dimutasi ke Surabaya. Tapi ada juga yang dimutasi ke Mitra I,” kata dia.

d. Penilaian Kenerja

Perusahaan Carrefour adalah perusahaan ritiel yang besar sehingga sangan penting untuk melakukan penilaian, Penilaian secara rutin dilakukan selama satu tahun sekali panilaian ini di lakukan untuk mengetahui kinerja dari karyawan, adapun penilaian kinerja yang dilakukan oleh Chairul Tanjung sebagai pemilik saham terbesar ini.

Seperti wawancara dengan Chairul Tanjung, pemilik dan pemimpin Trans Corp, yang diexpos dalam sebuah artikelSaya tidak pernah melakukan incognito (rahasia), tetapi kalau ke Carrefour itu bagian dari tugas saya. Di sana saya bicara bukan saja dengan manajernya, tetapi juga dengan penjaga tokonya. Tidak hanya dengan CEO-nya, tetapi juga berbicara dengan pembelinya sehingga mendapat masukan yang komprehensif. Makanya saya tahu berapa harga jeruk pontianak dan mandarin. Semua ini karena saya melakukan bisnis dari bawah sehingga bisa mengetahui detail, termasuk juga menghargai orang lain. Kalau hanya bicara dengan CEO-nya, bagaimana bisa menghargai orang di bawahnya dan di bawahnya lagi. Jujur saja, sekarang saya tidak banyak mengenal orang secara nama, soalnya sudah 50.000 orang. Namun, kalau saya ke mana pun, termasuk ke daerah, akan berupaya berdialog dengan mereka. Jadi saya mengetahui kondisi mereka.

e. Recruitment

Carrefour adalah perusahaan yang besar yang mempunyai banyak karyawan yang tersebar di seluruh gerai di indonesia, menurut informasi yang kami dengar kemarin dalam proses rekruitmen terpusat pada kantor pusatnya. Sehingga kantor cabang tidak ada hak untuk membuat keputusan sendiri terkait dengan penerimaan karyawan ini.

2.9 Kekuatan Proses Produksi dan Bahan Baku

a. Darimana Barang-Barang Retail

Private Label dihadirkan untuk menambah pilihan belanja bagi konsumen. Private Label Kami telah melalui serangkaian proses yang ketat sebelum ada ditangan Konsumen. Carrefour melakukan seleksi kepada calon pemasok sebelum mereka mulai memproduksi untuk Carrefour. Carrefour juga melakukan pemeriksaan berkala yang melibatkan analis independen demi menjaga kualiatas produk agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh carrefour ditiap rangkaian produknya. Produsen yang sebagian besar UKM, juga diuntungkan karena tidak perlu mengembangkan merek yang memakan waktu lama dan biaya yang besar. Dengan private label produk langsung dikenal dan dipercaya masyarakat. Carrefour senantiasa memberikan pengetahuannya sehingga pemasok tersebut mampu membuat produk berstandar international untuk dipasok di gerai Carrefour lain di dunia.

b. Pertimbangan Pemilihan Lokasi

Dalam pemilihan lokasi carrefour sangat jeli dalam menganalisa pasarnya, ia sangat mempertimbangkan kepada siapa produk tersebut akan dijual?, dan di segmentasikan pada segmen yang mana? Carrefour memili lokasi yang padat penduduknya yaitu di kota-kota besar. Seperti jakarta, surabaya, malang, dan lain sebagainya. Karena dikota tersebut masyaratnya kebanyakan mempunyai pendapatan yang tinggi dan sesuai dengan karakteristik yang dibangun oleh carrefour. Dalam pemilihan lokasi ini adalah menjadi aspek yang sangat menentukan bagi semua perusahaan khusunya carrefour ini.

2.10 Strategi Bersaing

a. Menghadapi Pesaing

Carrefour Indonesia secara resmi meluncurkan program BBM (Benar-Benar Murah) di Carrefour Seasons City, Jakarta. Untuk saat ini, terdapat 12 jenis produk dengan harga jual 30% lebih murah dari harga merk nasional dan tentunya tanpa mengurangi kualitas produk tersebut. BBM diterapkan di semua gerai Carrefour di Indonesia mulai tanggal 31 Maret 2010. Program yang baru pertama ada di Indonesia ini sengaja diluncurkan Carrefour untuk membuktikan eksistensi produk asli Indonesia ditengah maraknya produk impor yang masuk ke Indonesia.

BBM dirancang untuk menguntungkan semua pihak. “Pelanggan kami akan diuntungkan karena membeli produk berkualitas dengan lebih murah. Carrefour menjamin kepuasan pelanggan. Bila pelanggan tidak puas maka 100% uangnya akan kembali. Pemasok pun mendapat keuntungan berlipat karena kesempatan untuk meningkatkan penjualan terbuka lebar termasuk pemasok UKM yang turut serta dalam program BBM ini. Bahkan kami tidak memasukkan produk fresh yang menjadi kekuatan pedagang pasar tradisonal ke dalam BBM.

Selain membuktikan eksistensi produk asli Indonesia, BBM diharapkan dapat membantu daya beli masyarakat yang ditengarai sedang turun akibat berbagai hal termasuk imbas krisis ekonomi global. Seluruh produk BBM merupakan produk yang berdasarkan data internal Carrefour merupakan produk paling dicari oleh pelanggan. “Produk BBM bukan merupakan produk tidak laku yang dijual murah, tapi produk ini telah dibuktikan sebagai produk paling laku di seluruh gerai Carrefour. Contoh produk beras, kami sampai menyediakan 2 jenis beras di BBM, setra ramos dan pandan wangi, karena memang 2 beras ini adalah beras yang paling dicari, demikian pula dengan minyak goreng, air mineral dan deterjen.

Produk lain yang termasuk program BBM selain beras adalah minyak goreng, air mineral dan deterjen adalah kecap manis, tissue untuk muka, tissue gulung, kapas, abon sapi, sosis sapi dan nugget ayam. Semua produk yang termasuk BBM telah diberi petunjuk label BBM berlatar belakang oval kuning dengan 2 ibu jari di pojok kiri bawah.

Strategi Glorecalization Carrefour Di Indonesia

Carrefour sangat fokus mendefinisikan industri yang ditekuninya. Dengan melihat tren industri ritel yang mengarah pada ruang yang besar, lengkap, nyaman dan murah, ia bersedia membenamkan investasi besar-besaran untuk memenuhi itu semua. Menurut Rhenald Kasali, Carrefour sadar, salah satu hal yang mendorong konsumen berbelanja adalah harga murah dan one stop shopping. Jawara ritel Perancis ini juga mengetahui bahwa kunci sukses adalah menggabungkan ritel dan grosir dengan banyak pilihan barang, serta luas gerai/cabang yang 10 kali lebih besar dari swalayan.

Taktik pelokalan juga dilakukan Carefour , meski salah satu kunci suksesnya masuk di saat yang tepat. Di tengah aneka produk lain dalam ruang penjualannya yang luas dan nyaman, pada item makanan tidak akan dijumpai (pateserie) yang sama di setiap negara. Selera pasar lokal memungkinkan kol, kubis, disertai dengan cabe, tahu, tempe, bahkan kadang tidak tertinggalkan, oncom dapat ditemukan pada gerai Jakarta.

c. Design Strategi

Dasign strategi yang di bangun oleh Carrefour adalah Fokus terhadap konsumen yang diterjemahkan dalam 3 pilar utama Carrefour, yang diyakini akan dapat membuat Carrefour menjadi pilihan tempat belanja bagi para konsumen Indonesia. Ketiga pilar utama tersebut adalah (a) harga yang bersaing, (b) pilihan yang lengkap, (c) pelayanan yang memuaskan.

Konsep Paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour, dan dirancang untuk memuaskan para konsumen. Adanya fasilitasfasilitas pelengkap seperti snack corner, food court, parkir gratis di paserba-paserba tertentu, bahkan dengan adanya garansi harga dan garansi kualitas, maka paserba Carrefour merupakan tempat belanja keluarga yang nyaman.

Carrefour menerapkan retail marketing mix, seperti; Store Location, yang tepat dengan prospek pengembangan daerah hunian elite; Product Characteristic dengan memfokuskan pada barang-barang keperluan rumah tangga; Customer Service, seperti disediakan bagian informasi, bagian penitipan barang, layanan pengaduan pelanggan, karyawan yang tersebar di sekitar area perbelanjaan yang siap melayani dan membantu pembelanja; Retail Communication dengan adanya brosur dan keanggotaan melalui program kartu belanja Carrefour yang tersedia di pintu masuk; In Store Ambience, seperti alunan musik, adanya kenyamanan ruangan (air conditioner); Retail Price Consideration, mempertimbangkan harga eceran pesaing dalam menetapkan harga, dan harga khusus pada hari-hari besar agama. Desain eksterior dibuat menarik dengan adanya etalase, sedangkan desain interior mempunyai keunikan, dengan barang-barang tertentu yang dijual dikelompokan pada tiap rak.

Barang jualan dikelompokan berdasarkan fungsi dan manfaatnya, misalnya rak khusus barang elektronik, barang stationary, aneka bumbu masak. Visual merchandising seperti terdapat beberapa produk baru yang ditempatkan di rak atau counter tersendiri dengan dilengkapi brosur dan poster-poster bahkan dapat juga ditambahi dengan Sales Promotion Girl (SPG) dengan pelayanan simpatik.

2.11 Opini Kelompok

Menurut kami pemasaran yang dilakukan carrefour sangatlah baik ini dapat dilihat dari hasil yang di perolereh carrefor yang hampir 45% menguasi pasar perusahaan ritel yang ada di indonesia. Perusahaan yang dikuasai oleh Trans Corp melalui Trans Ritel yang mengakuisisi 40 persen saham PT Carrefour Indonesia, yang selama ini didominasi Carrefour yang berpusat di Perancis dan kini memiliki 82 gerai di 23 kota di Indonesia. Kemajuan yang begitu pesat pada perusahaan carrefour ini di dukung oleh prinsip dari perusahaan carrefour yaitu Fokus terhadap konsumen yang diterjemahkan dalam 3 pilar utama Carrefour, yang diyakini akan dapat membuat Carrefour menjadi pilihan tempat belanja bagi para konsumen Indonesia. Ketiga pilar utama tersebut adalah (a) harga yang bersaing, (b) pilihan yang lengkap, (c) pelayanan yang memuaskan.

Konsep Paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour, dan dirancang untuk memuaskan para konsumen. Adanya fasilitasfasilitas pelengkap seperti snack corner, food court, parkir gratis di paserba-paserba tertentu, bahkan dengan adanya garansi harga dan garansi kualitas, maka paserba Carrefour merupakan tempat belanja keluarga yang nyaman. Carefour menjadi tempat belanja yang sangat strategis bagi kalangan menengah keatas karena carrefour memberikan haraga yang murah bila dibandingkan dengan hypermart lainya. Strategi penetapan harag yang murah ini akan membuat pelanggan seamakin loyal dan tidak berpindah ke hypermart lain.

Adapun strategi yang digunakan carrefour dalam menghadapi para pesaingnya adalah dengan menggunakan promosi-prtomosi online, pembagian brosur, dan akhir-akhhir ini carrefour juga resmi luncurkan BBM yang akan mendapatkan Keuntungan Bagi Pelanggan dan Kesempatan Bagi Pemasok. Perusahaan carrefour ini juga melakukan kerja sama dengan UKM-UKM yang ada di indonesia untuk memajukan perekonomian indonesia. Carrefour ini akan sangat membantu bagi para UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan mengambil produk-produk yang mereka hasilkan. Sehingga barang yang diperdagangkan oleh carrefour adalah poduk asli dalam negri. Dan ini akian bisa meminimalisir kegiatan impor di indonesia.

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

1. Pertama kali di kota Malang, Carrefour Malang menempati tempat belanja yang dulunya bernama Supermarket Alfa. Carrefour merupakan supermarket yang berdiri sendiri tanpa masuk di mall. Tak jauh dari Carrefour sekitar 30 meter ke arah utara terdapat toko Plaza Elektronik. Lokasi Carrefour berseberangan dengan kantor Pusat Telkom dan Masjid Sabililah.

2. Fokus terhadap konsumen diterjemahkan dalam 3 pilar utama Carrefour, yang diyakini akan dapat membuat Carrefour menjadi pilihan tempat belanja bagi para konsumen Indonesia. Ketiga pilar utama tersebut adalah (a) harga yang bersaing, (b) pilihan yang lengkap, (c) pelayanan yang memuaskan.

3. Carefour dalam menjamu para konsumenya juga dengan menyediakan layanan parkir gratis, pengembalian barang apabila terjadi kerusakan, dan ada juga yang tergabung dalam komitmen carrefour yaitu:

a. Ada yang Lebih Murah Kami Ganti 10x lipat

b. Pengiriman Gratis

c. Sistem Pembulatan, Carrefour Menghargai Setiap Nilai Rupiah konsumen.

d. Konsumen Tidak Puas carrefour akan siap membeli Kembali

e. Keuntungan konsumen dengan menggunkan Kartu Carrefour BC

f. Produk Private Label Carrefour Produk berkualitas dengan harga bersaing

g. Komitment Carrefour Indonesia dalam Peningkatan kesejahteraan Masyarakat Indonesia

4. Keberadaan carrefour sangatlah strategis karena berada dipusat kota besar dan mempunyai gerai sendiri., tidak berada dimall-mall sehingga pelanggan yang datang hanya fokus pada penawaran carrefour

Saran

1. Untuk menjaga eksistensi dari keberadaan carefour di pasar ritel perusahaan harus selalu mengadakan inovasi-inivasi baru untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.

2. Keberadaan carrefour kini telah berada pada fase kejayaan, di tandai dengan penguasaan pasar yang hampir 40% dan kebanyakan fase ini adalah fase yang rawan sehingga di butuhkan strategi strategi baru yang bisa mendrongkrak untuk mengoptimalkan kinerja carrefour.

3. Untuk mempererat hubungan dengan pelanggan agar lebih dekat carefour bisa memberikan sofenir atau yang lainnya untuk pembelian diatas 100.000 atau sesuai ketentuan perusahaan.

4. Dalam perekrutan karyawan disesuaikan dengan keberadaan carrefour setempat karena kaberadaan karyawan lokal akan lebih peka terhadap perilaku konsumen dari masyarakat setempat sehingga kebijakan-kebijakan yang di buat bisa sesuai dengan keinginan konsumen.

Daftar Pustaka

Kompas.com. Karyawan Carrefour Malang melakukan unjuk rasa. senin 4 januari 2010. 11 Desember 2010, 06.30 am

Kapan lagi.com, berita careefour .11 Desember 2010, 06.45 am

Google.com, Kartalog carrefour. 11 Desember 2010, 06.50 am

Carerfour.com .11 Desember 2010, 06.00 am

Browse »Home»KISAH SUKSES»Rahasia Dibalik Kesuksesan Chaerul Tanjung. 11 Desember 2010, 06.05 am

19 Apr 2010, Tanjung edwar dedy, Posted in: Peluang Usaha, Tags: Ritel UMKM (Carrefour utamakan UMKM). 11 Desember 2010, 06.15 am

Ilmi Bachrul, Di setiap gerai Carrefour dibentuk Pojok Rakyat, Republika 19 April 2010 11 Desember 2010, 06.39 am

...............Trans Corp Genggam 40% Saham Carrefour, Republika, Jumat, 16 April 2010. 11 Desember 2010, 07.30

Rachmat , Carrefour dan Monopoli Ritel. Kepentingan Siapa? 11 Desember 2010, 07.10 am

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Beri Komentar yahcc...!!! Terima kasih atas Kunjungannya,, :-)

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources